Aug 28, 2009

Pemesanan Tiket Kereta Api Online


Merantau...

Mudik bagi diriku pribadi adalah keharusan (selama memungkinkan dan harus diusahakan sebisa mungkin kekekeke mekso) . Teknologi sms, tilpun, pidio koling, ndak bisa menggantikan ketemu emak bapak dan sodara secara langsung. Selama hampir setaon ga pernah ketemu, dan cuma pas Lebaran aja bisa free punya banyak waktu buat kumpul kumpul.

Lebaran memang masih 3 minggu lagi, tapi berburu tiket untuk mudik sudah diriku lakukan 1 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Jungkir balik ke sana kemari nyari informasi. Pemesanan tiket untuk kereta eksekutif dan bisnis memang bisa dilakukan 1 bulan sebelumnya. Tapi ya gitu, berebutan. Diriku biasanya pesan tiket kereta api secara online. Gimana Bong cara pesan tiket kereta api online via ATM Mandiri?
  1. Pertama, cari tahu jadwal, nama kereta, dan tarif , bisa melalui website infoka langsung.
  2. Pastikan punya ATM Bank Mandiri, soalnya sampai saat ini pemesanan tiket kereta baru bekerja sama dengan Bank Mandiri.
  3. Telpon via HP ke 13897 atau melalui telepon rumah ke 021-6916060
  4. Nanti pas telpon sebutin nama kereta, dan waktu keberangkatan. Tapi kalo emang belum tau tanya aja sama mbak nya "Kalo tiket kereta hari ini jam segini kelas bisnis atau eksekutif berapa harganya?"
  5. Setelah memastikan naik kereta api apa, akan dikasih nomer pemesanan. Catet baik baik ya. Nomer ini adalah nomer untuk nantinya pas bayar via ATM.
  6. Lalu cepet cepet ke ATM xixixi, soalnya pemesanan harus segera dibayar dalam jangka waktu 3 jam, kalau tidak dianggap batal.
  7. Begitu di ATM, pilihlah menu pembayaran > tiket kereta api. Masukkan nomor pemesanan yang dikasih sama mbaknya tadi.
  8. Setelah transaksi selesai, simpan print out sebagai tanda bukti. Nah print out dari ATM ini dipakai untuk penukaran tiket di stasiun.
  9. Penukaran tiket bisa kapan aja maksimal ya beberapa jam sebelum keberangkatan.

Tapi bisa ditebak kalo lebaran gini, dijamin jaringan telpon tut tut tut ga nyambung nyambung. Haruskah ke stasiun? Hehehe diriku minta tolong sama OB di kantor. Mas tulung beliin tiket di Gambir ya. Makasih buat Mas OB yang nulungin diriku, diantriin akhirnya tiket pulang dapet Argo Anggrek tanggal 17 September, biarpun musti turun Surabaya soalnya kehabisan tiket yang turun Bojonegoro.

Kemaren saatnya nyari tiket balik. Tanggal 26 HABIS, tanggal 27 HABIS juga. Doh, bukannya tanggal 27 mustinya belom dibuka pemesanan kok udah habis gimana sih? Akhirnya menghubungi Bapak di rumah dan jam 5 pagi sudah di stasiun, alhamdulillah dapet tiket balik juga.

Kenapa ya tiap liburan apapun tiket selalu naik gila gilaan? Hukum ekonomi kah, dimana penawaran naik harga naik? Kalau misal itu pasar dengan banyak pedagang wajar saja jika misal pedagang menawarkan harga Rp 100, tapi berhubung stok sedikit pembeli menawar dengan harga lebih tinggi, jadi otomatis harga naik. Lah tapi ini mah monopoli, harga udah ditetepin sama satu pemain aja. Kita konsumen dikasih harga berapapun ya HoOh aja ga bisa nawar nawar. Ngoceh aja dijitak sama pegawai KA xixixixi. Mode pasrah on. Kayaknya tahun depan tiket kereta bisa diatas 500 rebu, ngalah ngalahin pesawat aja. Hikz. Semoga rejeki taon depan nambah lagi jadi bisa mudik lagi, amiiin.

88 comments:

  1. Walah Mbak,...
    riyoyone jek suwe, koq yo wis kroyok an tiket ki piye to yooo yo.

    ReplyDelete
  2. Kamu betul Mbak, mending naik kreto, daripada naek pesawat kedininan, mendingan tak gendong, enak to manteb to, hayo mau kemana, hahaha....

    ReplyDelete
  3. @mantan copet: cobaen mas merantau di daerah barat, nek nang soko suroboyo mah diriku biyen tenang tenang ae, kari numpak pas hari H

    ReplyDelete
  4. iso pesen tiket ke balikpapan juga ga mbak???? :d:

    ReplyDelete
  5. @joe:bisa joe, kereta amphibi, berenang di laot

    ReplyDelete
  6. naik pesawat aja bong :h:
    lebih cepat sampainya :f:

    ReplyDelete
  7. Naik becak aja to, murah meriah meskipun payah

    ReplyDelete
  8. kalo ditempatku, Kebumen, kita bisa naik kereta tanpa tiket. Tiketnya bayar di kereta maksudnya. dan, hampir pasti dapet tempat duduk. memang sih ini kereta khusus, khusus untuk pengunjung pasar malem.
    Hepi mudik yo mbaaaaaaaaak,...

    ReplyDelete
  9. ngak dapat tiket diriku bong bong

    ReplyDelete
  10. Numpang aja mudiknya, dah gratis dapet bonus :D

    ReplyDelete
  11. Itulah enaknya sekarang Bong...Ga perlu susah2 lagi nganti tiket di stasiun. Inget kejadian taun lalu, nganti mulai jam 01 diini hari, padahal loket buka jam 07.00. Emang Gaptek orang2 KA itu... baru kenal teknologi sekarang ini. Tp untunglah sekarang mereka dag sadar..
    salam

    ReplyDelete
  12. mbok numpak motor dhewe wae bong...
    sak karepmu le arep mulih kapan.
    hehehehe..

    ReplyDelete
  13. Gak kebayang kalo ada kereta api dari Jayapura - Jakarta...
    Busyeet, berapa duit ya? Wkwkwk...
    Naik gunung, turun gunung, lewati lembah, nyelem di air, kyakakaka...
    DIJAMIN, semaput tu kereta api, wkakakaka...

    ReplyDelete
  14. @zippy:wkakakkakaka :f: ngakak aku, yg semaput keretanya duluan
    @blog ijo: aku rep numpak gethek kekekeke
    @khai:iyoh mas, kekekke mbok ya dari dulu gitu, tinggal kring, tapi tetep susah jaringan sibuk kalo pas rame gini :a:
    @cak win:numpang siyapa
    @kang wung:lha ra mudik ye?
    @paank: plethek jothos jejegi, diyasar :e:
    @pencerah:ra sido ngrasakno riyoyo
    @rio:musti terjun gitu? ndak ada bandara

    ReplyDelete
  15. Horee Lebaran ini aku malah nggak pulang hiks

    ReplyDelete
  16. seko suroboyo njuk mulih karo sopo??? :h:

    ReplyDelete
  17. amin semoga pulkam nya menyenangkan....n rejeki ditambah terus oleh Allah SWT di taun2 ke depan......yang penting berdoa terus mbak bonk

    ReplyDelete
  18. Thank's mbak infonya.. Tp sya ga mudik he..he

    ReplyDelete
  19. Mengapa bangsa ini selalu GUGUP berhadapan dengan fenomena yang terjadi di masyarakat, sungguhpun fenomena tersebut bukan hal yang baru, seperti arus mudik atau arus balik...

    ReplyDelete
  20. Diriku aja tetep setia di surabaya..xixixi

    ReplyDelete
  21. @bryan:mauku juga gitu
    @kang nawar:mudik biasa kang, tapi perkiaraan perhitungan aja, pertambahan jumlah penghuni baru jakarta, ga sebanding dengan pertambahan transportasi yg ada.hasilnya, ya begitulah
    @hryh77: suatu saat nanti kalo ngerasain mudik
    @haqie:seepz qie, amiin
    @mbak bre: hehehehe :d:
    @mbak ajeng:trus disini aja mbak?

    ReplyDelete
  22. onlen onlen... onlen onlen.....

    ReplyDelete
  23. ga' mudik wae Bong...., mengko bar bodo wae..
    iku lagi turun tikete.. :d:

    ReplyDelete
  24. weleh kirain td judulnya mesen ma qm neh hueheheh,,,,wong jagain empang kok jualan tiket :f:tp sip deh...

    kunjungi blog baruku deh,dibelai dong :d: hueheeh:d:

    ReplyDelete
  25. Ukhhhhh .... sayangnya ke kampoeng halaman koe tidak ada kereta api.
    hiks-hiks

    ReplyDelete
  26. wew.. ikut cara Erikson aja bong ngeteng bin nyambung nyambung wkwkwkwkkw :c:

    ReplyDelete
  27. pas mudik, saya doain selamet..
    selamet sampe tujuan :)

    ReplyDelete
  28. wah.. ebong mudik buat ketemu doi ya.. :)
    :c:

    ReplyDelete
  29. jadi makin pingin tau kek gmn sii rupa sang pemilik blog ini... :i:

    ReplyDelete
  30. dor dor dor... kiwetpun mati terkapar...

    ReplyDelete
  31. Sekarang aja harga tiket ka udah diatas harga tiket pesawat :), kenapa g naik pesawat aja Mbak,turun surabaya kan cepet.

    Tentang Baca Juga, iya deh, aku kurangin ya he..he..

    ReplyDelete
  32. weits keren euy..
    bisa pake internet banking juga ga?

    ReplyDelete
  33. Wah memang benar, menjelang lebaran harga tiket naik, apa lagi harga tiket bus, bahkan sampai naik 2 kali lipat, harganya seperti memukul orang!
    tapi walau bagaimana pun pasti banyak orang yang berpikir untuk tetap mudik, dan merayakan lebaran bersama orang tua dan keluarga!
    bentar lagi beli baju baru nih.
    Iklan Gratis

    ReplyDelete
  34. maskasih inponya... mau mudik jadi gak repot!

    ReplyDelete
  35. makasih mbak inponya, kayaknya ntr mudik gak pewrlu antree....hehehe

    ReplyDelete
  36. halah yang ngasih tata cara beli tiket online kok ya tetep beli secara offline.
    bikin kereat apa ndiri lo bong biar geratis
    wekeke

    ReplyDelete
  37. Pulang...pulang....tapi bingung mau mudik kemana bong, ke rumah ae ye...wkekeek

    ReplyDelete
  38. assalamualaikum.....

    lam kenal yah mbak.
    saya blogger baru mbak.
    mampir k blog saya ya mbak...

    ReplyDelete
  39. Pesen tiket online wis biasa, online ning sepur yo biasa.
    Sing ora biasa adalah on ning line sepur...
    on di line sepur = bunuh diri

    ReplyDelete
  40. Kancaku omahe Bojonegoro. Pas bali ko Jakarta tak ajari...
    Begitu tekan Semarang pindah ning lokomotip, terus nyuap masinise...
    Pas tekan Bojonegoro sepure mlaku alon2, terus kancaku mencolot koyo kodok...

    Lumayan, ngirit waktu.
    Daripada tekan Surabaya ndadak mbalik.
    Sing mudun Purwodadi, Mblora yo ngunu kuwi...

    ReplyDelete
  41. kalau tiket kereta ngalahin tiket pesawat... ya tinggal naek pesawataja...
    yang lebih murah ya..?

    salam

    gen

    ReplyDelete
  42. Tiketku tak LOCKED 2 bulan yang lalu....he...he....

    ReplyDelete
  43. Siapa yg nyari kereta api????
    Pesan sekarang juga......
    Ntar mudik kehabisan...

    ReplyDelete
  44. Wah....keren juga yah bisa mesen secara onlen...tapi akhirnya malah jadi pakek yg manual...wekekeke....btw, ebong pulkam pas daku lagi ultah eui ;)

    ReplyDelete
  45. Duuh,,aku udah kehabisan tiket kereta :h:

    ReplyDelete
  46. wuih senangnya bisa mudik....
    selamat mudik ya....
    :D

    ReplyDelete
  47. Wuiih kirain jualan Tiket juga disini .. aq sebaliknya bukannya Mudik lebaran, harus melambung ke satu titik di Hari Raya Idul Fitri.

    ReplyDelete
  48. wwalah kuatir gak oleh tiket wakakkkkkk
    satu postingan yang membantu bagi banyak orang yang tidak tahu

    ReplyDelete
  49. Aku udah komentar di blog kamu, bales komentar aku ya

    ………………….._,,-~’’’¯¯¯’’~-,,
    ………………..,-‘’ ; ; ;_,,---,,_ ; ;’’-,…………………………….._,,,---,,_
    ……………….,’ ; ; ;,-‘ , , , , , ‘-, ; ;’-,,,,---~~’’’’’’~--,,,_…..,,-~’’ ; ; ; ;__;’-,
    ……………….| ; ; ;,’ , , , _,,-~’’ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ¯’’~’-,,_ ,,-~’’ , , ‘, ;’,
    ……………….’, ; ; ‘-, ,-~’’ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;’’-, , , , , ,’ ; |
    …………………’, ; ;,’’ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;’-, , ,-‘ ;,-‘
    ………………….,’-‘ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;’’-‘ ;,,-‘
    ………………..,’ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;__ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ‘-,’
    ………………,-‘ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;,-‘’¯: : ’’-, ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; _ ; ; ; ; ;’,
    ……………..,’ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;| : : : : : ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ,-‘’¯: ¯’’-, ; ; ;’,
    …………….,’ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ‘-,_: : _,-‘ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; | : : : : : ; ; ; .|
    ……………,’ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ¯¯ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;’-,,_ : :,-‘ ; ; ;|
    …………..,-‘ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ,,-~’’ , , , , ,,,-~~-, , , , _ ; ; ;¯; ; ; ; ; ;|
    ..…………,-‘ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;,’ , , , , , , ,( : : : : , , , ,’’-, ; ; ; ; ; ; ; ;|
    ……….,-‘ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;’, , , , , , , , ,’~---~’’ , , , , , ,’ ; ; ; ; ; ; ; ;’,
    …….,-‘’ ; _, ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ‘’~-,,,,--~~’’’¯’’’~-,,_ , ,_,-‘ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ‘,
    ….,-‘’-~’’,-‘ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; | ; ; | . . . . . . ,’; ,’’¯ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ,_ ; ‘-,
    ……….,’ ; ;,-, ; ;, ; ; ;, ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ‘, ; ;’, . . . . THAT'S JUST WRONG---‘’’
    ………,’-~’ ,-‘-~’’ ‘, ,-‘ ‘, ,,- ; ; ; ; ; ; ; ; ‘, ; ; ‘~-,,,-‘’ ; ,’ ; ; ; ; ‘, ;,-‘’ ; ‘, ,-‘,
    ……….,-‘’ ; ; ; ; ; ‘’ ; ; ;’’ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ‘’-,,_ ; ; ; _,-‘ ; ; ; ; ; ;’-‘’ ; ; ; ‘’ ; ;’-,
    ……..,-‘ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;¯¯’’¯ ; ; ; ; ; ; ; ; , ; ; ; ; ; ; ; ; ;’’-,
    ……,-‘ ; ; ; ; ; ; ; ,, ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; |, ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ‘-,
    …..,’ ; ; ; ; ; ; ; ;,’ ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ; ;|..’-,_ ; ; ; , ; ; ; ; ; ‘,

    ReplyDelete
  50. memang kalau mudik pusing mikirin transportasi.

    ReplyDelete
  51. @remba: komentar sampeyan kok sama saja di mana-mana.. mbok ya kreatif dikit to.. hehehe... piiiss....

    Bong, lha kok luwarang ngono yo tikete? mulih gak yo aku?? hohoho...

    ReplyDelete
  52. @ndop
    diblacklist wae

    weh, nek aku mudik numpak motor wae..
    xixixixi..
    wes kapok pake transportasi umum

    ReplyDelete
  53. weks.. aku nda pernah mudik eh. Pengen juga cari kerja di kota orang, jadi bisa ngerasain mudik.

    ReplyDelete
  54. aku yo merantau bong... tapi lum isa mudik..
    :g:

    ReplyDelete
  55. jadi gak sabaran pengen mudik
    masih lama neh
    :)

    ReplyDelete
  56. wis ra nduwe kampung...
    dhadhi yo ra mulih kampung... :f:

    ReplyDelete
  57. Yo wes... sing penting waras slamet ning perjalanan mudik and balik... keretane ora Argo Dangu alias lelet...

    @terinspirasi Font Garamond, sedikit perubahan di blog saya.

    ReplyDelete
  58. halah halah bong, isih 3 minggu lagi lebaran.mbok sesuk tak pesenke becak wae dari yogya po?mau ga?atau tak gendong ajah bwakakakakak

    makin keren ajah nih blognya.

    ReplyDelete
  59. hahahaha..kalo aku sich mudik nya pake motor... jadi enak ga usah beli tiket segala. tinggal ngisi bensin za tinggal kabur...

    ReplyDelete
  60. wah, di kalimantan nggak ada kereta api sih

    ReplyDelete
  61. WOw.. komenya banyak amat ya.. enggak kayak blog saya nih. :b:

    Mudah-mudahan mudiknya sukses .. selamat mudik

    ReplyDelete
  62. pulangnya ngojek aja mba bong :f:

    heheheh atau gak nglangi aja xixixixi

    ReplyDelete
  63. :a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

    ReplyDelete
  64. wah udah bisa OL toh ...
    sepertinya semakin jaya aja neh KAI qt :)
    sep2 lah

    ReplyDelete
  65. Wah.. lha diriku blm pasti nih bong mo plg kemana.
    Pgn ke kampungku, bojoku pgn ke kampungnya.
    Lha piye jal? Angel tho??

    ReplyDelete
  66. How become Success on Online Social Site? Just follow myadvis how become success on online social network community.

    ReplyDelete
  67. Salam kenal Mba,..Met jalan n sukses! Mudiknya...

    ReplyDelete
  68. you copy my style
    you copy again
    apa plagiat di negara lo lagi ngetrend?
    ku tetap sabar tetap kau kuanggap friend
    but sooner or later i gotta take my stand


    udah bolak balik sampe balik kebolak
    temen gue sampe keselek pas makan kolak
    lagi lagi berulang ulang terus terjadi
    tetangga bikin ulah lagi bikin sakit hati

    ReplyDelete
  69. siap-siap mudik kemana niy? sedihnya libur lebaran plus sabtu minggu plus 2 hari cuti bersama totalnya cuma 6 hari oohh...(nasib PNS)

    ReplyDelete
  70. "mohon maaf lahir dan batin"

    meski lebaran masih lama...*kuatir ndak kebagian tiket buat maaf-maafan*

    ReplyDelete
  71. :c:Lah wong saya aja pesan tiket via travel yang ngejual tiket resmi dari KAI, selisihnya kurang lebih 20rban untuk feenya mereka, jd gak usah report2 ke stasiun, kan hemat tenaga ma waktu...heee...pis

    ReplyDelete
  72. JUAL 1 BUAH TIKET BIMA TGL 18 JKT - SBY
    450.000
    HUB 088802817163
    COC G JADI MUDIK

    ReplyDelete
  73. @fahmi : ntar tak posting ya Fahmi

    ReplyDelete
  74. wah info bagus nih..!
    ntar posting info mudik jalur keretanya juga yah..!

    ReplyDelete
  75. numpang ya....jual tiket Argo Lawu Jkt-Solo tanggal 19 Sept 09.gandeng 3 seat.(harga 1,380rb).silakan kontak 081513403131.makasih

    ReplyDelete
  76. Wah, mbak cebong ini jadi entri teratasnya google soal tiket kereta api online loh...

    ReplyDelete
  77. waaaah kereeen.. postingan sederhana seperti ini bisa 82 koment...
    mau donk......

    wih naik kereta api tut tut tuuuut....
    hihihih

    mampir balik yah kak
    http://zona-ketawa-kita.blogspot.com

    ReplyDelete
  78. waaahhh thx yah atas infonya gw jd ga ush repot2 ke gambir buat ngecek bli tiket... :h

    ReplyDelete
  79. j You will find that there are uk louboutin shoes many gemstones and settings to christian louboutin cheap uk choice from. Almost as many as the engagement bible verses there are. You will want to consider doing christian louboutin shoes uk sale all you can to make a unique piece of jewelry by trying to come up with your own ideas. You will be able to make a lot of great christian louboutin shoes sale options for yourself when you look at the various gemstones and settings.You will find that most jewelers will not just have rings and necklaces already for you to purchase, but they have the loose gemstones ready for you so that they can place the gemstone louboutin shoes sale in any setting that you would like. Keep in mind that this type of custom design will make you feel more control in your choice to purchase, but it will also allow you to show some creativity in the design. When it comes to getting a custom design, you will find that your options are not limited, but you could end up being overwhelmed with choices. You will want to make sure christian louboutin sale shoes that you think about the design that you are looking for and possibly look outside of the box. You will want to look deeper into what exactly you are looking for.A lot of people like to show off the jewelry, but you will want to keep in mind that there is that cut out image of jewelry, but you will want to call some of the local chains and ask them if they are willing to work with you to make some uk christian louboutin custom made jewelry. This is something that you will want to consider as a creative outlet. You will want to consider doing everything that you have dreamed about with the gemstones to create a magical piece of jewelry.

    ReplyDelete
  80. thomas sabo armband Some basic considerations can help a person to get the right par of shoes. Below are some of the important points that one may need to think about before getting the shoes. tomas sabo armband Style is not that important - majority of the people choose their tennis shoes considering only brand names and its looks. lederarmband thomas sabo They don`t keep the importance of their feet up front most of the times. It can be a little hard to give up an awesome looking pair of shoes that matches your personality thomas sabo armband reduziert But when it comes to the usage, they should be chosen based on their functionality. The tennis shoes that one is purchasing should be able to protect and support one`s feet ideally. thomas sabo armband preis They are equally as good for keeping the water and weather away from your feet and both brands offer cheap golf shoes as well as their many expensive varieties. thomas sabo armband billing Shopping at FootJoy or Adidas can give you fashion, color, and a large line of shoes online and in stores.At any rate, be mindful of our golf game if you are a real competitor--know that shoes are the most vital part of your golfing attire. thomas sabo billig kaufen You need to shop around, compare prices. And get the most for your money. thomas sabo onlineshop That doesn't mean you should opt for a pair of discount shoes that also have cheap quality. What would be the point of purchasing a shoe that is not comfortable to wear. thomas sabo jewellery If you care anything about your success in golfing, shop around. The Heel Box - it is an important part of the shoes.

    ReplyDelete